wanprestasi Things To Know Before You Buy

Wiki Article

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, mari kita simak terlebih dahulu definisi wanprestasi dan penipuan. Pada dasarnya, wanprestasi sering dikaitkan dengan permasalahan dalam pelaksanaan perjanjian/perikatan dalam ranah hukum perdata.

Kemudian, sebagaimana dijelaskan dalam  Perbedaan Wanprestasi dan Perbuatan Melawan Hukum, hal yang dapat menyebabkan timbulnya wanprestasi adalah karena adanya cidera janji dalam perjanjian yang menyebabkan salah satu pihak ingkar akan janjinya atau melanggar janji. Maka, pihak yang cidera janji harus bertanggung jawab terhadap pihak yang dirugikan.

Untuk membuktikan wanprestasi, pihak yang dirugikan harus menunjukkan adanya perjanjian yang sah, kewajiban yang ditentukan dalam perjanjian tersebut, dan kelalaian atau kegagalan pihak lain dalam memenuhi kewajiban tersebut.

Jika semua dokumen dan informasi telah diverifikasi dan dinyatakan benar, nama pada akta kelahiran kamu akan diubah. Kamu akan menerima akta kelahiran yang baru dengan nama yang sudah benar.

Pasal 1243: Mengatur tentang kewajiban mengganti kerugian yang diderita oleh pihak kreditur atau pihak lainnya akibat salah satu pihak tidak memenuhi kewajiban yang telah ditetapkan dalam perikatan.

Bila saudara perempuan tersebut bersama‐sama dengan saudara laki‐laki kandung atau seayah, maka bagian saudara laki‐laki dua berbanding satu dengan saudara perempuan (Pasal 182 KHI).

Trie Aprilia Halo, April di sini! Melalui artikel-artikel yang saya tulis, saya mengedepankan informasi yang terpercaya dan dapat diandalkan sehingga artikel yang Anda baca dapat membimbing Anda untuk pemahaman yang lebih baik.

Pelaporan kelahiran penduduk penetapan ahli waris dilaksanakan di tempat penduduk berdomisili dan penulisan tempat lahirnya tetap menunjuk pada tempat terjadinya kelahiran.

Menurut Maimun Nawami dalam buku Pengantar Hukum Kewarisan Islam, dijelaskan bahwa pewarisan adalah perpindahan kepemilikan dari seorang yang sudah meninggal kepada ahli warisnya yang masih hidup, baik kepemilikan berupa harta bergerak, harta tidak bergerak, maupun hak-hak yang sesuai dengan shari’at.

Maka menurut hukum dia dapat dimintakan tanggung jawabnya, jika pihak lain dalam perjanjian tersebut menderita kerugian karenanya.

Setelah permohonan kamu diterima, akan ada proses pemeriksaan dan verifikasi knowledge. Kantor Catatan Sipil akan memeriksa semua dokumen dan penetapan ahli waris informasi yang kamu berikan. Proses ini penting untuk memastikan bahwa semua informasi yang ada dalam akta kelahiran yang baru adalah benar.

Sebelum Anda mengurus dokumen ini ke Dispendukcapil, ada beberapa hal yang harus Anda siapkan. Di bawah ini merupakan syarat umum dan bisa berbeda-beda tergantung daerah Anda, jadi sebaiknya Anda pastikan terlebih dahulu.

Pasal 832 KUHPerdata menjelaskan bahwa yang berhak menjadi ahli waris adalah yang memiliki hubungan darah dengan pewaris, kecuali untuk suami atau istri pewaris.

Karena kantor saya memegang teguh tanggung jawab atas klien kami dan kantor kami slalu terdepan dan tanggung jawab apabila terjadi sesuatu terhadap klien kami

Report this wiki page